Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Blog Ini

Blog ini bukan untuk tujuan komersial, bila ada gadget tambahan yang bersifat komersial itu bukan kehendak pemilik blog !

Minggu, 14 Agustus 2011

Tafsir Lagu Indonesia Raya


by
Budi Wibowo


Lagu ini digubah oleh seorang putra terbaik bangsa bernama WR Soepratman. Siapa Soepratman ? Saya sendiri tidak banyak mengetahui, namun dengan menggali tafsir lagu yang digubahnya, saya sangat menaruh pujian padanya. Sekilas saya dapat memprediksi bahwa Soepratman bukan sekedar penggubah lagu tetapi dia adalah seorang spiritualis yang memiliki pandangan mendahului generasinya dan bahkan generasi–generasi sesudahnya. Kita dapat merasakan alunan lagu dan syair yang digubahnya itu penuh kandungan nilai kerohanian, maka sungguh tepat bila Soekarno dan kawan-kawan seperjuangannya menetapkan lagu Indonesia Raya gubahan Soepratman sebagai lagu kebangsaan.
 


Teks

Naskah asli INDONESIA RAYA  *1)


Stansa 1:
 

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Di sanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe






Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja


(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja



*** 
Sebenarnya naskah asli terdiri dari 3 (tiga) stansa, karena stansa ini yang ditetapkan sebagai lagu kebangsaan menurut Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, maka 2 (dua) stansa lainnya tidak banyak diketahui. *2)


***

TAFSIR LAGU INDONESIA RAYA


Indonesai tanah airku tanah tumpah darahku.


Indonesia adalah nama sebuah wilayah berupa gugusan pulau yang berada di antara benua Asia dan Australia dan di antara samudera Hindia dan Pasifik.


Tanah airku (tanah dan air)

Tanah adalah tempat tumbuh berbagai macam hayati, dan tempat berbiak berbagai macam satwa selain itu di dalam tanah juga terkandung berbagai macam tambang, demikian juga air merupakan tempat tumbuh dan berbiak tumbuhan dan ikan serta hewan air lainnya. Semua diciptakan oleh Tuhan untuk menopang kelangsungan hidup manusia, sehingga dengan demikian manusia tidak mengalami halangan secara fisik dalam menunaikan perintah-Nya.

Kata ‘tanah airku’ merupakan ekpresi pengakuan bahwa kekayaan bumi di Indonesia ini adalah milik setiap jiwa yang ada di sana. Maka tidak dibenarkan bila penghuni yang menempati di dalamnya merasa sebagai pemillik mutlak tanpa ada rasa bahwa apa yang dia nikmati adalah sebagai titipan yang seharusnya rasa nikmatnya berdampak pada yang lain
Jadi, semua kekayaan baik darat maupun laut harus dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia terutama mereka yang lahir, hidup, dan mati di sana.


Tanah tumpah darahku,

Ketika lahir darah tertumpah dari rahim ibu, ketika berjuang mengusir penjajah banyak darah tertumpah di sana, ketika berjuang menghidupi diri dan keluarga dengan sekuat tenaga juga dapat diistilahkan dengan ungkapan berdarah-darah. Di mana semua itu dilakukan ? Di tanah Airku Maka dalam arti sempit tanah tumpah darahku, adalah tanah tempat setiap jiwa dilahirkan, dan dalam arti luas adalah tanah tempat jiwa lahir hidup dan mati.

Soepratman hendak mengatakan bahwa Indonesia tanah airku , Tanah tumpah darahku adalah Indonesia sebagai wadah bangsa ini berkumpul dan di dalam wadah itulah tempat lahir hidup dan mati dengan segala konskuensinya



Di sanalah Aku berdiri jadi Pandu Ibuku.


Di sanalah

Soepratman menggunakan kata 'di sanalah' mengapa bukan di sinilah ?
Kata ‘ di sana’ menunjukkan makna pelaku saat berucap tidak berada pada tempat di maksud. Padahal pelaku mungkin sebenarnya berada di tempat berucap
Bila demikian dengan maksud apa Soepratman membuat frase “Di sanalah Aku berdiri” ?

Dalam hal ini Soepratman hendak menjelaskan bahwa manusia itu sebenarnya pada saat yang sama dapat keluar dari dimensi ruang di mana fisik berada, bahkan dia diberi kemampuan untuk melihat dirinya sendiri baik secara fisik maupun secara rohani Anda dapat merasakan contoh kalimat metaforis di bawah ini :

Mari kita sejenak terbang melayang melihat sandiwara kehidupan manusia di punggung bumi ini, maka akan tampak oleh kita hamba-hamba yang menampakkan kealiman dan kedermawanan, tetapi dengan kepandaiannya itu digunakan untuk merampok hak orang lain……… Saudaraku mari kita injakkan kaki ke bumi kembali, jangan berkecil hati, ketahuilah bahwa memang di bumi ini banyak kholifah-kholifah palsu, meski pahit tetaplah tegakkan kebenaran dan terus tetaplah dalam jalan kebenaranmu.

Soepratman dalam kalimat ini menunjukkan bahwa diri kita pada hakekatnya adalah yang imateriil, yakni dia yang berada di balik tubuh atau jasad.


Aku berdiri jadi pandu Ibuku

Mengapa Soepratman tidak memilih kata ‘Aku tampil menjadi Pandu Ibuku ?’ Kita dapat membandingkan dua kalimat berikut :

Di sanalah Aku tampil menjadi pemandu Ibuku‘. dengan kalimat ‘Di sanalah Aku berdiri menjadi pemandu Ibuku

Soepratman memilih kata ’berdiri’ karena kata ini lebih mengandung unsur kesopanan (etika) sebab obyek yang menjadi sasaran adalah ’Ibu’ adalah sosok yang sangat dihormati bahkan ada sebagian pemikir mengatakan bahwa Ibu ’ memiliki kedudukan ke dua dari sosok yang paling dihormati manusia (pertama Tuhan dan kedua Ibu).

Kata ’berdiri’ ketika berpadu dengan kata ’pandu’ memiliki makna diam dan bergerak. Kata ’berdiri’ lebih memberikan kontribusi makna ’diam’ , sedangkan kata ’pandu’ lebih memberikan kotribusi makna ’bergerak’. Kata pandu berarti ’penunjuk jalan’ atau ’guide’, juga dapat berarti ’yang membimbing’ atau ’yang memimpin’ atau ’yang mengarahkan’ atau ’yang menggerakkan’ Maka, tepat sekali jika Soepratman membuat untain kata Aku berdiri jadi pandu Untaian itu lebih memiliki kedalaman makna dibanding untaian kata yang lainnya, sebab bukankah dinamika kehidupan ini tidak selamanya tampak bergerak, bukankah sesekali tampak diam ?

***

Mengapa Soepratman memilih kata ’Ibu’ sebagai obyek? Bukankah ibu adalah sosok yang membimbing kita atau yang memberi susu atau yang menyuapi makanan kepada kita ?

Soepratman rupanya menangkap makna spiritualitas dari seorang Nabi ketika dipanggil oleh Tuhannya, pada saat di tengah perjalanan bertemu dengan sosok perempuan usia lanjut yang memanggil-mangil. Kemudian Nabi itu bertanya kepada Malaikat Jibril, ”Siapakah dia gerangan?” Jibril menjawab ”Dia adalah jelmaan Bumi.”

Maka makna Ibuku yang digambarkan Soepratman adalah Bumi, yakni tempat kita berpijak yang dalam hal ini adalah Indonesia tanah Airku Tanah Tumpah darahku.

Ketika masih bayi memang kita sangat bergantung kepada Ibu, namun ketika dewaasa yakni pada saat kita telah mampu membedakan hal baik dan buruk, kita sudah tidak bergantung kepada Ibu lagi. Justru sekarang Ibu yang harus kita bimbing karena dia telah mengalami kerentaan, pandangannya mulai kabur, pendengarannya mulai berkurang, kulitnya mulai keriput. Kita ingin agar Ibu selalu bergembira tidak menangis mernitikan air mata. Ibu kini telah lanjut usia, kini saatnya berbakti pada Ibu bagi setiap putra yang telah dapat membedakan baik dan buruk.


Bila Ibu adalah tanah air, tanah tumpah darah, kini keadaan Ibu telah renta karena telah banyak sumber daya alam tereksploitasi, maka tugas penghuninya adalah membangun negeri ini agar memiliki kehormatan/derajat yang mulia di hadapan bangsa-bangsa lain di dunia ini, bukan sebaliknya yakni merusaknya atau dengan kata lain mencabik-cabik Ibu Pertiwi. Inilah makna seorang anak harus memnghormat pada Ibunya. Inilah makna ’Aku jadi pandu Ibuku.’


Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku.

Kebangsaanku

Soepratman menegaskan bahwa unsur kebangsaan adalah bangsa, tanah dan air.

Kata jadian kebangsaan memiliki makna yang lebih luas dibanding kata bangsa itu sendiri. Kata ’bangsa’ berarti jenis atau ras atau corak, maka kata ’Indonesia kebangsaanku ’ dapat kita mengucapkan dengan kalimat ’Indonesia adalah nama yang menggambarkan corak negeriku’. Kata kebangsaan menunjukkan hal ihwal yang berkaitan dengan ras (nation), dan budaya (civil society). Sedangkan budaya itu sendiri berkaitan dengan kedudukan tempat atau topografi di mana manusia itu berada.

Indonesia adalah sebuah wilayah yang terdiri dari banyak pulau yang di dalamnya bertinggal beberapa macam ras. Ras melayu adalah ras yang banyak mendominasi wilayah ini. Banyaknya pulau menyebabkah budaya penduduknya terpecah menjadi beberapa macam corak.

Supraptman dalam lyrik ini hendak menggugah kesadaran bahwa Indonesia adalah negeri yang memiliki berbagai macam budaya (plural).


Marilah kita berseru Indonesia bersatu.

Meskipun kita berbeda dalam budaya dan ras, mari kita bersatu, mengusir penindas, mengusir kebodohan, mengusir sang angkara murka, mengusir ketidak adilan, mengusir kemunafikan, mengusir kesombongan.

Pendek kata Soepratman hendak mengungkapkan seruan untuk bersatu dalam mengusir demoralisasi dan menghindari disintegrasi dengan tujuan agar kejayaan Indonesia tumbuh bangkit dan berkembang.

Bunyi seruan itu adalah :

Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku,
Bangsaku, Rakyatku semuanya.



Lawan kata dari kata ‘hidup’ adalah kata ‘mati’ . Dalam seruan itu Soepratman melukiskan bahwa seakan bumi tempat dia berpijak mati, negeri yang dia miliki mati, bangsa yang dia miliki mati bahkan semua rakyat di negerinya mati.

Kata ’mati’ sepadan dengan pengertian ’tidak bergerak’, ’tidak menyala’ , ’tidak tumbuh’, ’tidak berkembang’, ’tidak berbunyi’, ’tidak memiliki rasa’.

Padahal kata mati itu sendiri memiliki disparasi pengertian, pengertian pertama adalah mati dalam pengertian sebenarnya yakni berpisahnya ruh dari jasad dan kedua memiliki pengertian tidak sebenarnya (kiasan), yakni hilangnya kesadaran. Sebuah ajaran agama mengajarkan bahwa orang yang sedang tidur adalah bagaikan orang yang mati.

Dalam lyrik ini Soepratman mengajak seluruh rakyat di negrinya agar sadar atas ketidak tahuan, atau keterbelakangan yang melanda negerinya. Seruan itu seperti bisikan yang menghembus-hembus telinga saudaranya yang tengah tertidur lelap.

Ketika rakyat di negeri ini sadar, seruan berikutnya adalah


Bangunlah jiwanya bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya


Pada larik ini, tidak terlihat lagi kata ganti orang pertama, seperti kata ’aku’ atau ’ku’ dan ’kita’ seperti terdapat pada larik-larik syair sebelumnya, seakan seruan itu muncul dari orang pihak ketiga, siapakah dia ?

Dia adalah Tuhan, Tuhan yang maha Esa. Soepratman benar, dia tidak salah menangkap suara tersebut sehingga dia selipkan suara itu dalam lagu yang digubahnya. ”Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya’ bukan terbalik ’Bangunlah Bandannya Bangunlah Jiwanya’.

Sebuah ajaran agama di negeri ini, mengajarkan bahwa Tuhan menyeru

”Carilah dengan apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepadamu untuk kebahagiaanmu kelak di akhirat dan jangan engkau melupakan untuk kehidupanmu di dunia ini.


Firman itu mengajarkan bahwa orientasi hidup ini pertama adalah untuk kehidupan akhirat, baru kemudian kerjakan untuk dunia. Maka ketika jiwa ini telah memiliki pandangan hidup demikian benarlah adanya manusia itu menapaki hidup di muka bumi ini. Pandangan ini seharusnya menjadikan inspirasi bagi para pemimpin negeri ini sebagai pengambil kebijaksanaan., bahwa setiap langkah kebijaksanaan yang diambil dalam pembangunan harus mengedepankan pembangunan moral terlebih dulu daripada pembangunan yang lain, karena bangunan moral inilah yang nantinya menjadi fondasi yang berfungsi sebagai penopang tegaknya bangunan yang dalam hal ini adalah Indonesia Raya.

Tidak ada artinya membangun fisik industri canggih, misal industri pesawat terbang, industri perkapalan atau industri imateriil yang menghasilkan produk-produk kebijakan politik ketika pembangunan moral itu diabaikan. Semua bangunan itu akan rontok.

Dengan melihat kalimat yang diselipkan ke dalam lagu ini. Soepratman lebih dahulu menyadari dari pada kita, bahwa bila negeri ini ingin mencapai kemerdekaan strategi pembangunan yang seharusnya ditempuh terlebih dahulu adalah pembangun mental bangsa.

Suara itu seharusnaya terdengar dalam setiap dada anak bangsa, sehingga menyontakkan kesadaran seluruh anak negeri dengan teriakan,


Indonesia Raya, meredeka-merdeka !!!
Tanahku negeriku yang kucinta.


Kalimat ini menunjukkan ekspresi kesadaran yang menggambarkan bahwa setiap jiwa menginginkan terbebas dari segala tekanan.

Pada jaman perjuangan mengusir penjajah kesadaran ini benar-benar melekat dalam setiap anak negeri, sehingga seluruh potensi yang ada dalam jiwa dan raga tertuju untuk meraih kemerdekaan. Soekarno dan kawan-kawan segenerasinya telah berhasil membangun jiwa anak bangsa di negeri ini waktu itu. Satu tahap telah tercapai yakni bangsa ini dapat terbebas dari tekanan penjajah.


Soepratman memiliki visi yang jauh melampaui generasi dan bangsanya. Dia torehkan kata pekik merdeka ke dalam lagu gubahannya. Yang dalam lantunan diulang sebanyak dua kali. Filosofi pengulangan kata pekik merdeka itu menunjukkan bahwa kemerdekaan itu tidak selesai ketika kita telah berhasil mengusir penjajah saja. Pekik merdeka itu harus terus diteriakkan untuk menyadarkan anak cucu generasi mendatang bahwa setiap putra bangsa ini harus terbebas dari berbagai tekanan. Apakah itu berupa tekanan ekonomi, dominasi asing atau hal-hal lain yang menyebabkan teraniayanya anak cucu mereka di masa mendatang.

Indonesia Raya, meredeka-merdeka !!!
Hiduplah Indonesia Raya,


Hiduplah Indonesia Raya. dalam lyrik ini Soepratman mengajak seluruh rakyat di negerinya agar sadar atas ketidaktahuann atau keterbelakangan yang melanda negerinya di saat ini dan di masa datang.

***



Soepratman...
Seakan engkau satu-satunya pejuang yang masih mondar-mandir di negeri ini.
Kawan-kawanmu telah lelap dimakan bumi,

Kadang menitik air mata ini, ketika engkau datang menemui cucu-cucumu,
Teriakanmu seakan tidak ada yang memperhatikan,
Mereka menganggap engkau adalah kakek tua yang hanya membawa cerita lama.

Saudaraku...,
Dengarkan Soepratman...dia benar...
Ikutilah ajak-teriakannya....turutilah ..
bila engkau ingin hidup bahagia merdeka...


Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan pembaca sekalian. Amiin

Bdl, 14 Agt 2011
BW
___________________________
Kupersembahkan dalam rangka menyambut HUT RI ke 66





Pustaka
*1) http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Raya

*2) http://www.rakyataceh.com/print.php?newsid=2645  

»»  LANJUT...

Sabtu, 06 Agustus 2011

Perintah Puasa adalah Sebuah Perintah Melakukan Revolusi Peradaban

by
Budi Wibowo

بسم الله الرّحمان الرّحية


Telah dikisahkan dalam Alqur’an bahwa ketika Adam dan Hawa berada dalam syurga datanglah Iblis dengan berbagai cara membuat tipu daya agar Adam dan Hawa mendekati pohon buah kuldi, adalah pohon buah terlarang yang harus dihindari oleh mereka berdua.  Karena dorongan nafsu atau keinginan kuat untuk mencicipi, akhirnya Adam dan Hawa mendekati dan memakan buah tersebut. Padahal mereka berdua telah diperingatkan Allah SWT agar tidak mendekati pohon tersebut.

Tamsil ini menggambarkan bahwa ada 2 (dua) buah bentuk pelanggaran perintah (kedurhakaan) yang dilakukan oleh makhluk terhadap Allah SWT.   Sebagaimana Imam Gozali ra, dalam kitabnya Mukasafatul Qulub, menjelaskan

1. Kedurhakaan hamba kepada Allah SWT, sebab permainan akal yang dalam hal ini diperankan oleh 

    Iblis.

2. Kedurhakaan hamba kepada Allah SWT, sebab permainan hawa nafsu. yang dalam hal ini

    diperankan oleh Adam dan Isterinya.

Akhirnya Adam bersama Isterinya (Hawa)  diusir untuk bertinggal di bumi beberapa saat sebagai
hukuman, sedangkan Iblispun dibiarkan turun pula ke dunia karena Allah telah mengambil ikatan sumpah kepadanya.

***

Dari tamsil tersebut kita
juga dapat mengambil pelajaran tentang suasana qalbu (hati) yang berbeda pada dua makhluk tersebut,

1. Adanya penyesalan. 

 
Ketika sadar akan kesalahan mereka, Adam dan isterinya sangat menyesali perbuatan yang telah dilakukan dan segera mereka memohon ampunan Allah SWT.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

(Adam dan Hawa) berkata :” Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri
kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat
kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

(QS Al A’raf :7:23)



2. Tidak adanya penyesalan.
 

Iblis tidak merasa menyesal bahkan dia memiliki semangat besar untuk mencari kawan yang sepaham dengannya.

Maka dari itu Allah menggambarkan bahwa manusia di dunia ini terbagi dalam dua golongan atau partai, yakni golongan/partai Allah (Hisbullah) dan golongan/partai syaiton (Hizbusy Syaiton).



Pertanyaannya siapakan dalam dunia realita yang termasuk anggota partai-partai tersebut ? 



***
Hisbullah

Orang yang masuk dalam anggota partai Allah adalah mereka yang apabila telah melakukan kesalahan merasa menyesal, yang tentu konsekwensi dari penyesalan itu adalah segera mohon ampunan dan bertekad tidak mengulangi perbuatan yang sama pada waktu yang lain.   Selain menyesal dia juga merasa benci terhadap perbuatan tersebut sebagaimana bencinya setelah merasakan sumpek (serba tidak enak) hidup dalam penjara siksa neraka.   Kebencian itu terus berlanjut apabila di sisinya ada benda atau barang yang memiliki kaitan dengan perbuatan tersebut, mereka segera menghindari atau mengembalikan kepada yang seharusnya berhak memiliki.    Mereka selalu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya sebagai penjagaan agar terhindar dari perbuatan maksiat


Hizbusy Syaiton

Orang yang masuk dalam anggota partai syaiton adalah orang yang tidak menyesali kedurhakaan yang telah dilakukan,  bahkan mereka selalu mengulang perbuatan tersebut pada saat yang lain, bahkan merasa senang atau bangga dengan perolehan yang ada di sisinya.    Inilah ciri yang membedakan bila kedurhakaan itu dilakukan dengan perencanaan dibanding dengan kedurhakaan tanpa perencanaan.   Kita tahu bahwa perencanaan merupakan hasil dominasi buah pikir.    Seperti sifat sombong adalah sifat yang lebih didominasi oleh buah pikir  Sofyan Ats Tsaury ra, mengungkap bahwa,


كُلُّ مَعْصِيَةٍ عَنْ شَهْوَةٍ فَإِنَّهُ يُرْجَى غُفْرَانُهَا كُلُّ مَعْصِيَةٍ عَنْ كِبْرِ فَإِنَّهُ لاَ يُرْجَى غُفْرَانُهَا

لِأنَّ مَعْصِيَةٍ إِ بْلِيْسَ كاَنَ أصْلُهَا مِنَ اَلكِبْرِ فزَلَّةُ سَيِّدِنَا آدَمَ كَانَ اَصْلُهَا مِنَ الشَهْوةِ

“Setiap maksiat yang timbul karena dorongan nafsu bisa diharapkan ampunannya, dan setiap maksiat yang timbul karena sifat sombong, tidak bisa diharapkan ampunannya, karena kedurhakaan Iblispun bersumber dari sikap sombong, sedangkan kesalahan nabi Adam sumbernya dari nafsu.”
 

Puncak contoh orang demikian adalah kehidupan Fir’aun yang dengan pikirannya dia berpikir bahwa dirinya adalah Tuhan.   Meskipun di penghujung kematiannya Fir’aun menyadari kesalahannya bahwa dia bukanlah Tuhan.   Inilah yang kita sebut dengan penyesalan yang terlambat.

Selanjutnya golongan ini juga tergambar pada sekolompok manusia yang memiliki dua sisi penampilan, sebagaimana Iblis menampakkan sebagai orang alim di hadapan Adam dan Hawa sehingga Adam menjadi percaya kepadanya.   Di dalam realitas hidup sehari-hari golongan demikian kita sebut sebagai kaum hipokrit atau munafik.   Terhadap golongan ini Allah sangat benci kepada mereka, mereka kelak  diletakkan pada tempat yang paling bawah di neraka atau sering kita sebut dijadikan sebagai kerak neraka.   Kecuali mereka bertobat, dan masih memiliki waktu untuk berbuat kebajikan.


الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) yang paling bawah dari nereka.   Dan kamu sekali-kali tidak mendapat seorang penolongpun dari mereka, kecuali mereka bertobat dan berbuat kebajikan dan berpegang teguh pada agama Allah dengan tulus dan iklas. “(QS An Nisaa : 4: 145-146)

Demikian bunyi ayat tersebut,  semoga kita tidak terjebak ke dalam golongan ini.   Na’uzubillahi min dzalik


Realitas kehidupan yang saya gambarkan di atas dapat kita rasakan di tengah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini, kita dapat melakukan interospeksi /muhasabah siapa kita sebenarnya ? Apakah kita termasuk sebagai anggota Partai Allah atau Partai Syetan ? Dalam Al Qur’an Hisbullah juga sering disebut golongan kanan (ashhaabul yamin) sedangkan Hizbusy Syaiton sering disebut dengan golongan kiri (Ashhaabusy Syimali)

***

Telah jelas terlihat bahwa kemunduran bangsa ini bukan sekedar karena kebodohan yang dikendalikan hawa nafsu belaka, tetapi kemunduran bangsa ini juga disebabkan oleh rusaknya system berfikir dalam diri sebagian besar anak bangsa.   Iblis atau syaiton telah berhasil membisikkan doktrin mereka kepada sebagian besar anak bangsa ini, sehingga Iblisitas atau syaitonitas tampak pada mereka.   Ini dapat kita rasakan hampir pada setiap lini kehidupan dan dapat kita lihat setiap hari pada tayangan media elektronik atau media-media masa lainnya.

Bagaimana merubah pola pikir yang sudah hampir membudaya ini ?   Orang bilang hukum harus ditegakkan.   Bagaimana kalau penegak hukum itu sendiri sistim pikirnya sama saja dengan si pelanggar ?   Alangkah rendahnya peradapan bangsa ini.    Bila demikian alangkah sulit memperbaikinya !!   Saya katakan sulit karena pola pikir yang kita lihat seperti itu seakan telah menjadi suatu yang lumrah atau dianggap sebagai sebuah kewajaran.   Satu-satunya cara adalah melakukan revolusi total pola berpikir.
Bagaimana caranya ?
Kembali pada tali Allah yakni Alqur’an dan Sunnah.   Revolusi ini harus dimulai dari masing-masing individu.   Apabila setiap jiwa menyadari hal ini niscaya negeri ini akan menjadi negeri yang gemah ripah loh jinawi (negara yang makmur penuh keberkahan).

***

Perintah puasa di bulan Romadhon sebenarnya, merupakan perintah untuk melakukan revolusi jiwa besar-besaran anak bangsa ini.   Sinyalemen ini diungkapkan oleh Allah SWT melalui hadist Qudtsi seperti berikut:

كُلُ عَمَلِ اِبْنِ أدَمَ لَهُ إلاّ الصَّومِ فَاِنَّهُ لى وَ اَنَا اَجْزِيْ بِهِ


Setiap amal anak Adam adalah miliknya, kecuali puasa, sesuingguhnya puasa itu bagiku dan Aku yang akan membalasnya . (HR Bukhori).



كُلُّ حَسَنَةٍ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا أِلىَ سَبْعِمِأَةِ ضِعْفٍ اِلاَّ الصَّوْمِ فَاِنَّهُ لِىْ وَ اَنَا اَجْزِيْ بِهِ

"Setiap kebaikan itu dibalas sepuluh  hingga 700
kali lipat kecuali puasa, karena puasa itu bagiku dan Akulah yang membalasnya."(HR. Muslim).


Apakah makna tersirat di balik ungkapan yang bertkaitan dengan perintah puasa tersebut ?    Kalau kita mau mencermati sesungguhnya salah satu makna utama di balik itu adalah perintah berbuat jujur, hanya Allah dan manusia yang bersangkutan yang mengetahui apakah manusia jujur kepada-Nya atau tidak.

Pada hakekatnya orang yang jujur terhadap sesama adalah juga jujur kepada Tuhannya, karena semua fenomena di jagat raya ini tidak lepas dari pengawasan Allah SWT.

وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا

Tidak ada sehelai daun yang gugur kecuali Dia mengetahuinya (pula)” (QS Al An’am :6:59).

Jujur dalam arti sempit adalah adanya kesamaan atau keselarasan antara hati dan ucapan.   Apabila keadaan ini diwujudkan dalam tindakan maka jadilah ia sebagai orang yang benar atau ”sidiq”.   Lawan dari sikap jujur adalah sifat hipokrit (munafik), selingkuh, menipu atau korup yang semuanya itu merupakan manifestasi dari sifat iblis dan keturunannya

Seharusnya umat Islam di negeri ini dapat menangkap sinyalemen yang disampaikan Allah SWT tersebut tentang makna perintah puasa.   Sehingga kita dapat melihat diri kita di waktu sekarang, apakah kita masih termasuk anggota partai syaiton (Hizbusy Syaiton) atau telah berpindah ke dalam partai Allah (Hizbullah) ?   Tidak berlebih apabila dikatakan bahwa perintah puasa di bulan Romadhon merupakan sebuah perintah untuk melakukan revolusi peradaban di muka bumi ini.
 

Allahu ’alamu bishawab.

Hidangan lezat berbuka telah tersaji hampar di hadapan Anda,
Sebagai hasil ramuan ahli juru masak dari berbagai belahan bumi,
Tentu yang terasa lezat adalah yang sesuai dengan lidah Anda,

Meskipun bahan baku itu dari bahan yang sama,
Juru masak dari Palestin akan mengahasilkan cita rasa yang berbeda,
Di banding dari Indonesia.

Ajaklah saudaramu,
segera santaplah hidangan itu, agar badanmu sehat, merasakan kenikmatan hakiki, bukan kepalsuan yang selama ini engkau tampakkan
ketahuilah bahan baku hidangan itu adalah untaian akar Firman Allah dan Sunnah kekasih-Nya. 


Demikian uraian singkat ini semoga bermanfaat pada diri saya dan jama’ah sekalian. Amiin.

Bdl, 4 Agt 2011

BW
______________________________________________________________
Materi kutbah Jum’at tgl. 5 Agt. 2011. di salah satu Masjid Di Bnadar lampung.

 

Daftar Pustaka


Al Qur’an Karim
Addamsyiq, Nawawi. 2004 M/1425 H. Riyadush Shaalihin. Dar Al-Kotob Al Ilmiyah.
       Beyrut-Lybanon. Hal 10-17
Al Gozali, Muhammad Abu Hamid.____. Mukasafatu Al-Qulub. Al Haramain Indinesia. Hal 23-25
Kurdi, Muhamad Amin. 2006M/1427 H. Tanwierul Qulub. Al-Haramain Jaya.
       Indonesia. Hal. 418 - 422
Nawawi Ibn Umar, Muhammad. ___. Syarah Nashaaihu Al ‘Ibaad. Maktab Darul Ihya Al Kitab Al-      
       Araabiyah. Indonesia. Hal. 5.


»»  LANJUT...