Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Blog Ini

Blog ini bukan untuk tujuan komersial, bila ada gadget tambahan yang bersifat komersial itu bukan kehendak pemilik blog !

Minggu, 20 Agustus 2017

BUNGKUS AGAMA


BUNGKUS AGAMA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Selamat berpusa bagi saudara-saudaraku yang diberi kesehatan dan tetap banyak bertafakur mendekatkan diri kepada Allah SWt. bagi saudara-saudaraku yang sedang diuji dengan sakit sehingga tidak berp[uasa di bulan ini.

Mari kita perhatikan sabda Rasul SAW, berikut!

اِذَا أَرَدَ اللهُ بِعَبْدِهِ خَيْراً فَقَّهَهُ فىِ الدِّيْنِ وَ زَهَّدَهُ فِى الدُّنْيَا وَ بَصَّرَهُ بِعُيُوبِ

Jika Allah SWT menghendaki kebaikan bagi seorang hamba-Nya, maka Dia akan memberi kepandaian dalam agama, menjandikan zuhud di dunia dan memperlihatkan aib (cacat-cacat) dirinya. (HR.Abu Na’im )
Kepandaian dalam agama mengandung makna bahwa si hamba mampu mengambil hikmah dan melaksanakan segala perintah agama. Zuhud mengandung makna bahwa si hamba memiliki pandangan hidup tidak materialistis, menurut Ibnu Abas adalah pribadi yg mampu mengendalikan hawa nafsu.
Selanjutnya Allah Swt membuka atau mempertontonkan aib atau cacat dirinya. Bila seorang hamba telah mendapat ketentuan Allah Swt demikian seharusnya segera sadar dan "semeleh" (mengakui dan berserah diri).

Jika seorang hamba menolak terhadap ketentuan ini (tdk. semeleh), maka kepandaian hamba tsb. dalam beragama tidak lebih hanyalah sekedar bungkus.

، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ.[رواه البخاري

Jika engkau tidak malu, berbuatlah semaumu.” [HR. al-Bukhari].

Demikian ungkapan Rasul SAW bagi orang2 yg egonya melampaui Tuhannya.
Semoga saudara2-tdk termasuk di dalamnya. Aamiin YRA.

وصلّ الله على سيّدنامحمّدٍ وعلى آله و صحبه وسلّم
Salam
Al Faqir
BW
Medio,9 Juni 2017
14 Romadhon 1438 HB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar